Kamis, 27 Maret 2014

Internet Tri atau XL Super Ngebut?

Teknologi berkembang semakin pesat (halah). Saat ini, saya dan istri saya merasa mulai tergantung dengan internet. Mulai dari urusan kampus, bisnis, pribadi, hampir semuanya mengandalkan internet. Apalagi sekarang kami memulai usaha baru yaitu sprei dan bedcover yang kami beri merk "Angler". Hampir semua komunikasi terutama yang bisnis dilakukan secara online lewat facebook, whatsapp, maupun lewat BBM.

Bagi yang berada di jalur yang dilewati kabel telkom, barangkali internet bukan masalah lagi, karena selama ada jaringan kabel telkom, ada banyak layanan baik dari telkom maupun provider yg lain (misal UIINet). Sayangnya, kami berada di daerah yang cukup jauh dari kabel telkom. Dulu kami pernah mencoba mengajukan ke telkom, tapi syaratnya harus ada minimal 10 orang yang pasang, atau kalau mau membayar sendiri harus merogoh kocek 5 jutaan (hanya untuk instalasi kabel).

Sejak tahun lalu, kami membeli modem dari S***T dan selalu membeli paket 200 ribu per bulan. Awalnya memang bagus, tapi mungkin karena banyak banget penggunanya, kualitasnya semakin menurun. Koneksi yang dulu reliabel akhirnya sering putus. Ya, maklum lah, kan di CDMA ada cell breathing, artinya kalau penggunanya banyak, maka wilayah cakupan dari sebuah BTS jadi semakin berkurang.

Setelah sabar begitu lama dengan layanan yang sering disconnected, akhirnya kami memutuskan untuk mem-pensiun dini-kan modem *M*R* tersebut. Kami memutuskan untuk pindah ke Tri. Tri menawarkan internet yang lumayan murah, yaitu 48 ribu untuk kapasitas 5GB. Menariknya kuota tersebut bisa digunakan seharian penuh.

Karena kami di rumah ndak punya TV, maka kami sering nonton film anak2 dari Youtube. Walhasil, 5GB itu terasa sedikit sekali. Akhirnya, ada taktik baru: mendownload film di kampus (ssssttttt... jangan bilang-bilang), lalu menontonnya di rumah bareng anak2. Tapi, lama2 ngerasa gak enak sendiri karena menghabiskan kuota kampus hanya untuk kepentingan pribadi.

Dari informasi seorang kolega, kami mencoba XL Super Ngebut. Wah, memang bener2 murah. 12GB hanya 20 ribu. Sayangnya kapasitas 12GB ini tidak bisa dipakai seharian. Mereka membuat kebijakan bahwa yang 11GB bisa digunakan dari jam 12 malem sampai 12 siang dan sisanya (1GB) bisa dipakai dari jam 12 siang sampai 12 malem (tapi ya tetep lumayan lah...).

Seandainya anda sedang galau memutuskan apakah Tri atau XL, berikut saya kasih tabel untuk perbandingan.

Tri XL Super Ngebut
Harga 25rb - 2GB, 48rb - 5GB 20rb - 12GB
Pemakaian kuota Seharian penuh Hampir semua untuk malam & pagi (12 malam sampai 12 siang)
Kestabilan koneksi* Stabil Kadang putus
Ketika habis kuota Bisa mengakses 11 situs favorit Tidak bisa mengakses apapun
Cek kuota internet.tri.co.id atau dengan aplikasi bimatri 123.xl.co.id atau dengan aplikasi MyXL

Udah itu dulu ya... Semoga bisa sedikit jadi bahan pertimbangan.... Besok kalau ada ide insya Allah ditambahin.... Atau kalau mau nambahin di komentar juga sangat-sangat boleh...  

*) di daerah saya (Bintaran Kulon, Piyungan, Bantul, Yogyakarta). Di daerah lain mungkin beda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar