Jumat, 31 Januari 2014

600 juta dari Rasulullah

Dalam Sirah Ibnu Hisyam 1/236.2/26, diceritakan bahwa ketika Nabi Muhammad menikah dengan Ibunda Khadijah, beliau berusia 25 tahun dengan mas kawin dua puluh ekor unta betina.

Berapa harga seekor unta?

Dari http://www.icinfo.org/pages/camelprice.html, kita ambil yang paling mahal saja -karena Rasulullah pasti menghadiahkan pemberian terbaik- harga seekor unta betina yang hamil lebih mahal dari 2500 USD. biar mudah, ambil saja 2500 USD atau dengan kurs yang berlaku saat tulisan ini ditulis, sekitar 30 jutaan. Dengan demikian, karena harga seekor unta adalah sekitar 30 juta, maka harga 20 ekor unta betina adalah sekitar 600 juta.

Dalam usia 25 tahun, bisa memberikan mas kawin sebegitu besar menurut saya sangat luar biasa. Dulu saya pas nikah (umur 24) mas kawin saya cuma seperangkat alat shalat yang harganya tidak seberapa. Hiks....

Kenapa Rasulullah bisa memberikan sebegitu banyak? 

Karena rasulullah adalah pedangang sukses yang dipercaya banyak orang karena kejujurannya. Selain itu, keterampilan rasulullah berdagang juga sudah diasah semenjak sangat belia (umur 12 tahun) ketika ikut berdagang paman beliau Abu Thalib ke Syam. Dengan bekal kejujuran dan ketrampilan tersebut, beliau mampu meraup banyak keuntungan ketika bekerja di bawah perusahaan Khadijah.

Yuk berhitung

Jika ada pemuda yang ingin menikah seperti Rasulullah yang sanggup memberikan mahar sebegitu besar, kira2 begini perhitungan mundurnya:

a. Misal per bulan anda bisa menabung 2 juta, maka uang 600 juta akan terkumpul selama ((600/2 juta)/12 bulan) = 25 tahun. Kalau anda mulai bisa menabung dari usia anda lulus kuliah (22 tahun), maka anda baru akan menikah di usia 22 + 25 = 47 tahun... Hmmm... :D
b. Dengan jumlah tabungan per bulannya sama dengan poin a, tapi anda mulai bekerja sejak usia SMP (11 tahun), maka anda bisa menikah di usia 11 + 25 = 36 tahun... Lumayan... :D
c. Kalau anda sudah bisa sukses dan per bulan bisa menabung 4 juta, maka uang 600 juta akan terkumpul 12,5 tahun. Jika anda ingin menikah umur 25 seperti nabi, maka anda harus mulai bekerja dan menabung sebanyak itu sejak usia anda 12,5 tahun.
d. Jika berharap menikah dengan mahar sebanyak itu, tapi baru bekerja setelah lulus kuliah, maka per bulan anda harus mengumpulkan sebanyak ((600/3)/12) = 16 juta.

Jika memang bisa seperti di hitung2an di atas, alhamdulillah. Tapi kalau tidak, tuntunan dari Rasulullah sebenarnya sangat ringan kok.
Rasulullah SAW bersabda: mahar yang terbaik adalah yang paling murah (HR Abu Daud - dishahihkan oleh al-Hakim)
Ketika Rasulullah menikah dengan istri-istri beliau selain Ibunda Khadijah, mahar yang beliau berikan adalah 500 dirham atau sekitar 130 riyal atau sekitar 400 ribu rupiah.

Jadi, mau yang 600 juta atau 400 ribu rupiah? :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar